Pages

Kamis, 08 Maret 2012

GUI Event Handling

Pada modul ini, Anda akan belajar bagaimana mengendalikan events triggered ketika user berinteraksi dengan aplikasi GUI Anda. Setelah menyelesaikan modul ini, Anda akan dapat mengembangkan aplikasi GUI yang dapat merespon interaksi user.
Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat :
1. Menerangkan komponen-komponen delegation event model
2. Mengerti bagaimana delegation event model bekerja
3. Menciptakan aplikasi GUI yang berinteraksi dengan user
4. Mendiskusikan manfaat dari class-class adapter
5. Mendiskusikan keuntungan-keuntungan dari menggunakan inner dan anonymous class
Delegation Event Model
Delegasi event model menguraikan bagaimana program Anda dapat merespon interaksi dari user. Untuk memahami model, pertama-tama mari kita pelajari melalui tiga komponen utamanya.
  1. Event Source
    Event source mengacu pada komponen GUI yang meng-generate event. Sebagai contoh, jika user menekan tombol, event source dalam hal ini adalah tombol.
  2. Event Listener/Handler
    Event listener menerima berita dari event-event dan proses-proses interaksi user. Ketika tombol ditekan, listener akan mengendalikan dengan menampilkan sebuah informasi yang berguna untuk user.
  3. Event Object
    Ketika sebuah event terjadi (misal, ketika user berinteraksi dengan komponen GUI), sebuah object event diciptakan. Object berisi semua informasi yang perlu tentang event yang telah terjadi. Informasi meliputi tipe dari event yang telah terjadi, seperti ketika mouse telah di-klik. Ada beberapa class event untuk kategori yang berbeda dari user action. Sebuah event object mempunyai tipe data mengenai salah satu dari class ini.
Pada awalnya, sebuah listener seharusnya diregistrasikan dengan sebuah source sehingga dapat menerima informasi tentang event-event yang terjadi pada source tersebut. Hanya listener yang sudah teregistrasi yang dapat menerima pemberitahuan event-event. Ketika telah teregistrasi, sebuah listener hanya tinggal menunggu sampai event terjadi.
Ketika sesuatu terjadi dengan event source, sebuah event object akan menguraikan event yang diciptakan. Event kemudian ditembak oleh source pada listener yang teregistrasi.
Saat listener menerima sebuah event object (pemberitahuan) dari source, dia akan bekerja. Menerjemahkan pemberitahuan dan memproses event yang terjadi.


Registrasi Listeners
Event source mendaftarkan sebuah listener melalui method add<Type>Listener.
void add<Type>Listener(<Type>Listener listenerObj)
<Type> tergantung pada tipe dari event source. Dapat berupa Key, Mouse, Focus, Component, Action dan lainnya. Beberapa listeners dapat diregistrasi dengan satu event source untuk menerima pemberitahuan event.
Listener yang telah teregistrasi dapat juga tidak diregistrasikan lagi menggunakan method remove<Type>Listener.
void remove<Type>Listener(<Type>Listener listenerObj)
Class-Class Event
Sebuah event object mempunyai sebuah class event sebagai tipe data acuannya. Akar dari hirarki class event adalah class EventObject, yang dapat ditemukan pada paket java.util. Immediate subclass dari class EventObject adalah class AWTEvent. Class AWTEvent didefinisikan pada paket java.awt. Itu merupakan akar dari semua AWT-based events.
Berikut ini beberapa dari class-class AWT event.
Tabel 1.2: Class-Class Event
Event Listeners
Event listeners adalah class yang mengimplementasikan interfaces <Type>Listener.
Tabel di bawah menunjukkan beberapa listener interfaces yang biasanya digunakan.
Tabel 1.3: Event Listeners
Method ActionListener
Interface ActionListener hanya terdiri dari satu method.
Tabel 1.3.1: Method ActionListener
Method MouseListener
Tabel 1.3.2: Method-Method MouseListener
Method-Method MouseMotionListener
MouseMotionListener mempunyai dua method untuk diimplementasikan.
Tabel 1.3.3: The MouseMotionListener methods
Method-Method WindowListener
Di bawah ini method-method dari interface WindowListener.
Tabel 1.3.4: Method-Method WindowListener
Petunjuk untuk Menciptakan Aplikasi Handling GUI Events
Berikut ini langkah-langkah yang Anda butuhkan untuk mengingat ketika ingin membuat aplikasi GUI dengan event handling.
  1. Buatlah sebuah class yang menguraikan dan membuat suatu tampilan dari aplikasi
    GUI Anda.
  2. Buatlah sebuah class yang menerapkan interface listener yang sesuai. Class ini boleh
    mengacu pada class yang sama seperti pada langkah awal.
  3. Dalam menerapkan class, gunakan semua method-method dengan interface listener
    yang sesuai. Uraikan masing-masing method bagaimana Anda ingin mengendalikan
    event-event. Anda dapat memberikan implementasi kosong untuk method yang tidak
    ingin Anda gunakan.
  4. Daftarkan object listener, instansiatiate dari class listener pada langkah 2, dengan
    source component menggunakan method add<Type>Listener.


    source : http://ratnokustiawan.wordpress.com/2011/01/22/gui-event-handling/

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 PD-Child. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger